Tips Terbaik Memilih Perusahaan Asuransi Yang Aman -->

Advertisement

Tips Terbaik Memilih Perusahaan Asuransi Yang Aman

Admin
Minggu, 15 September 2019


Kehidupan di masa mendatang bagi sebagian besar masyarakat kurang begitu diperhitungkan perencanaannya. Padahal kebutuhan baik dalam segi finansial atau kesehatan wajib diperhatikan jauh-jauh hari. Untuk itu, dibutuhkan cara untuk menyiapkan segala kejadian yang mungkin bisa terjadi pada diri Anda maupun keluarga. Seperti memilih perusahaan asuransi yang aman dan terpercaya.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memilih perusahaan asuransi di Jakarta yang tepat. Jasa ini merupakan jaminan terhadap beberapa hal seperti kesehatan, barang, properti, dan lain sebagainya. Perjanjian dilakukan oleh kedua belah pihak (konsumen dan perusahaan asuransi), dimana konsumen bertanggung jawab membayar iuran dan perusahaan menjamin sesuai kesepakatan.
Memilih Perusahaan Asuransi Terbaik

1. Memiliki RBC Tinggi
Tips pertama untuk memilih perusahaan asuransi terbaik adalah dengan mengukur Risk Based Capital (RBC) yang dimiliki. Rasio solvabilitas ini merupakan tolok ukur yang digunakan sebagai acuan sehat tidaknya keungan perusahaan asuransi. Semakin tinggi nilainya, maka semakin terpercaya perusahaan tersebut dalam menjalankan usahanya. 

Para pakar keuangan memberikan saran kepada para konsumen asurasi untuk memilih perusahaan dengan nilai RBC lebih dari 100 persen. Anda bisa melihat nilai RBC ini pada situs Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau dalam website resmi perusahaan. Bagi para konsumen, hal tersebut wajib diperhatikan untuk memperkirakan pemenuhan janji atau klaim yang diberikan perusahaan.

2. Punya Reputasi Baik
Untuk memilih perusahaan asuransi yang aman, Anda juga perlu mengecek reputasi yang dimiliki. Hal ini tercermin dari sudah berapa lama perusahaan memulai jasanya, seperti Generali sebagai salah satu pioneer perusahaan asuransi terbaik di Indonesia. Rekam jejak ini juga bisa dilihat dari cara perusahaan memberikan pelayanan kepada nasabahnya.

3. Penawaran Premi Yang Bagus
Tips lain yang bisa dilakukan untuk mendapatkan jasa asuransi terbaik yakni dengan memilih perusahaan dengan penawaran premi terbaik. Harga yang diberikan pasti sangat beragam, namun perusahaan asuransi yang terbaik akan memberikan premi dengan pembayaran terjangkau. Namun, jangan sekali-kali Anda tergoda dengan penawaran perusahaan yang tidak masuk akal.