Print Kain Batik -->

Advertisement

Print Kain Batik

Admin
Rabu, 23 Agustus 2017

Print kain pada umumnya merupakan jasa pengerjaan cetak pada kain dengan menggunakan peralatan dan teknologi tertentu. Jasa print kain dapat dilakukan pada bermacam jenis kain, misalnya kain kanvas, katun, satin, polyester, atau jersey. Selain pada jenis kain tersebut, print kain juga dapat dimanfaatkan untuk mencetak motif batik pada kain.

Batik adalah kain yang bercorak atau bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan tekik menulis atau menerakan malam pada kain dan pengolahannya diproses dengan cara tertentu. Batik merupakan kain khas milik Indonesia dengan motif khusus yang telah dikenal dan diakui oleh Dunia. Motif adalah suatu kerangka gambar yang berupa perpaduan antara garis, bentuk, dan isen yang menjadi satu kesatuan hingga mewujudkan suatu pola tertentu. 
Print Kain Batik
Print Kain Batik.

Motif pada kain batik biasanya berupa perpaduan antara garis dan gambar. Motif batik sangat dipengaruhi oleh tradisi dimana batik tersebut diproduksi. Misalnya saja motif batik dari Pekalongan akan berbeda dengan motif batik yang berasal dari Solo atau Yogyakarta. 

Selain dengan metode print kain, motif baik juga dapat diaplikasikan pada kain dengan menggunakan metode cetak kain. Proses cetak kain pun dapat terbilang mudah dan cepat berkat adanya teknologi digital printing design. Teknologi digital printing tersebut terdiri dari dua metode, yaitu metode digital print dan metode sablon. Seamless pattern adalah pattern atau pola kain yang berulang tanpa terputus. Jasa yang biasanya ditawarkan dengan metode seamless pattern ini adalah Anda dapat memilih ukuran dari pola yang Anda inginkan.

Dengan menggunakan metode seamless pattern, Anda dapat mencetak motif kain batik secara berulang. Sehingga memiliki kelebihan yang lebih cepat dalam proses pembuatannya. Selain pada pembutannya, menjual hasil cetakan kain juga sangatlah penting. Meskipun pada umumnya kain dijual secara langsung di toko, pasar, maupun butik. Saat ini ada istilah marketplace design.

Marketplace desain adalah sebuah pasar elektronik yang menjual dan membeli suatu hasil atau jasa mengenai suatu desain. Ada beberapa macam marketplace desain, antara lain, Iklan baris dan toko online. Marketplace ini selain menjual jasa desain kain, juga dapat menjual hasil cetakan kain Anda secara online. Sekian yang dapat saya sampaikan mengenai print kain batik.  Semoga informasi yang telah saya sampaikan diatas bermanfaat dan mampu menjadi bahan penambah wawasan Anda sekalian. Good luck.