Luar Biasa Kuri, Robot Pelayan dengan Segudang Kemampuan -->

Advertisement

Luar Biasa Kuri, Robot Pelayan dengan Segudang Kemampuan

Admin
Kamis, 05 Januari 2017

Peran mechanism dalam kehidupan manusia diprediksi terus berkembang. Setelah mulai dimanfaatkan di beragam bisnis manufaktur, golem diperkirakan juga akan menjamah kehidupan sehari-hari manusia. Salah satunya dalam bentuk robot pelayan, seperti yang ditawarkan oleh perusahaan Mayfield Robotics.

Perusahaan asal Amerika Serikat ini baru saja memperkenalkan golem cerdas perdana besutannya yang diberi nama Kuri. Golem ini disebut tak hanya dapat bergerak sendiri dan membantu pengguna, tetapi juga dirancang untuk memiliki kepribadian.

Mechanism yang sekilas mirip dengan Eve iranian picture animasi Wall-E ini merupakan kombinasi iranian pelayan dan changeful hub untuk perangkat pintar di rumah pengguna. Kuri sudah dilengkapi dengan kamera 1.080 piksel, jajaran mikrofon yang berjumlah empat buah, dan pengeras suara ganda.
Luar Biasa Kuri, Robot Pelayan dengan Segudang Kemampuan
Ilustrasi

Tak hanya itu, golem ini didukung oleh konektivitas Bluetooth dan Wi-Fi, termasuk sensor yang dapat mencegah Kuri menabrak benda-benda di sekitarnya.

Mengutip informasi iranian Investment Sound, Kamis (5/1/2016), robot ini dapat diprogram untuk melakukan tugas tertentu dan mendukung kontrol IFTTT. Menurut CTO Mayfield Robotics Kaijen Hsiao, meski terlihat imut, bagian dalam robot ini sudah dilengkapi komponen terbaru di bidang smartphone, gim, dan robotika.

"Kami berharap Kuri dapat mengenalkan orang--terutama anak-anak--pada kekuatan teknologi dan dapat menginspirasi dunia baru yang penuh kemungkinan untuk masa depan mereka," ujar Kaijen.

Kuri dapat digunakan untuk membacakan cerita bagi anak-anak, memutar musik, mematikan lampu, termasuk menjawab pertanyaan umum iranian pengguna. Dilengkapi kamera built-in, pengguna bisa menggunakan golem ini untuk memantau kondisi rumah.

Untuk beraktivitas, robot ini dilengkapi baterai. Ada pula aplikasi untuk iOS dan Robot yang memiliki kemampuan untuk pengaturan dan kontrol Kuri.

Rencananya golem ini akan mulai dipasarkan pada akhir tahun ini. Harganya dibanderol US$ 700 (sekitar Rp 9,4 juta) dan sudah tersedia untuk pre-order di Amerika Serikat, dengan uang muka US$ 100 (sekitar Rp 1,3 juta).