6 Cara Bangun Gaya Hidup Sehat -->

Advertisement

6 Cara Bangun Gaya Hidup Sehat

Admin
Sabtu, 25 November 2017


Memiliki gaya hidup yang sehat bisa jadi salah satu kunci dalam menikmati hidup. Hal ini juga dikarenakan kesehatan yang harganya mahal dan tidak ternilai. Ditambah lagi, ketika sakit maka aktivitas yang biasa kita lakukan sehari-hari akan terhambat dan menghalangi produktivitas. Karena itu, penting sekali untuk menjaga kesehatan dan membangun gaya hidup yang sehat. Dengan adanya gaya hidup yang sehat, maka tentu kondisi tubuh akan menjadi lebih sehat dan bugar dan bisa menjalani aktivitas dengan lebih bersemangat. Karena itu, intip 4 cara bagaimana membangun gaya hidup yang sehat dengan cara yang mudah di bawah ini.

1. Bangun Pagi
Biasakan diri Anda untuk bisa bangun lebih awal tanpa harus bangun kesiangan. Ketika Anda bangun lebih siang, maka akan terasa seperti dikejar-kejar oleh waktu dan mengawali hari dengan terburu-buru. Dengan bangun saat hari masih pagi dan kualitas udara masih tinggi dan segar. Udara yang segar itu juga baik untuk kesehatan paru-paru dan jantung Anda. Karena itu pula, hindari tidur terlalu larut agar bisa bangun pagi dengan kondisi tubuh yang segar. Tidur terlalu larut juga tidak baik untuk kesehatan dan akan membuat kondisi fisik di pagi hari menjadi tidak segar dan tidak bersemangat.

2. Rutin Olahraga
Sempatkan lakukan aktivitas olahraga ringan di pagi hari atau di sore hari. Hal yang terpenting adalah lakukan dan jadikan sebagai rutinitas yang dilakukan setiap harinya. Pilih olahraga yang mudah dilakukan di dalam atau sekitar rumah untuk bisa menghemat waktu dan juga biaya. Misalnya, dengan berenang di kolam renang di dalam rumah. Jika Anda sedang merencanakan pembangunan kolam renang, jangan lupa cari dan pilih kontraktor kolam renang terbaik agar nantinya kolam renang yang dibangun juga bisa sesuai dengan keinginan Anda. Renang adalah olahraga yang baik untuk kesehatan tubuh karena pada saat berenang, hampir seluruh anggota tubuh ikut bergerak.

3. Pola Makan yang Baik
Atur pola makan sebanyak tiga kali dalam sehari, atau bisa disesuaikan dengan kondisi metabolisme tubuh Anda. Jangan biarkan lambung Anda kosong dan membuat asam lambung naik dan membuat dinding lambung Anda terluka karenanya. Selalu sempatkan juga untuk sarapan di pagi hari dengan makanan yang bergizi. Hal ini agar Anda bisa bertenaga untuk beraktivitas. Hindari juga makanan yang tidak baik untuk tubuh, misalnya makanan yang banyak mengandung lemak jahat. Anda perlu mengetahui risiko yang akan timbul akibat konsumsi makanan tersebut yang berlebihan, salah satunya adalah diabetes, obesitas, penyakit jantung, bahkan stroke.

Imbangi juga dengan konsumsi buah-buahan dan sayuran segar yang kaya akan vitamin dan kaya akan serat. Serat akan membantu membuat lancar pencernaan Anda. Sama juga halnya dengan konsumsi air putih yang cukup. Jangan sampai tubuh Anda mengalami kekeringan dan kekurangan air. Setiap organ tubuh Anda membutuhkan asupan air yang cukup untuk bisa menjaga fungsinya berjalan dengan baik.

4. Semangat Awali Hari
Tak hanya berfokus pada kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan mental harus diperhatikan dengan baik. Dalam mengawali hari juga harus dimulai dengan semangat yang tinggi. Miliki motivasi yang tinggi agar dalam beraktivitas selama sehari penuh. Biasakan juga untuk bisa menikmati akhir pekan dengan baik agar bisa tetap bersemangat dan terhindar dari tekanan di dalam pekerjaan dan membuat Anda jadi stres.