Keindahan Nusantara Rumah Adat Tanah Toraja -->

Advertisement

Keindahan Nusantara Rumah Adat Tanah Toraja

Admin
Senin, 29 Mei 2017

Sebelum melancong ke Luar Negeri, sebaiknya anda kunjungi terlebih dahulu semua tempat indah di Nusantara. Baik keindahan bentang alamnya maupun keindahan nusantara dari segi budaya dan adatnya. Dan salah satu yang akan diulas secara singkat saat ini adalah Rumah Adat Tana Toraja. 
Keindahan Nusantara Rumah Adat Tana Toraja
Keindahan Nusantara Rumah Adat Tana Toraja. (foto: id.wikipedia.org)

Tana Toraja merupakan destinasi wisata yang dikenal memiliki kekayaan budaya. Dan yang paling terlihat mencolok adalah bangunan rumah adatnya. Rumah adat tana toraja disebut tongkonan. Bambu dijadikan material atapnya yang kemudian dibelah dan disusun bertumpuk. Namun, Tongkonan ini masih kental dengan strata sesuai derajat kebangsawanan masyakat, seperti masih ada kasta-kasta. 

Menurut sejarah, dahulu kala tongkonan ini dijadikan tempat berkumpulnya para bangsawan Toraja untuk mendiskusikan berbagai problem masyarakat. Fungsi awal dari rumah adat tana toraja ini adalah sebagai pusat pemerintahan, perkembangan sosial budaya, dan kekuasaan adat. 

Tongkonan Pallawa merupakan salah satu tongkonan yang sangat menarik dan dikenal orang-orang. Tambahan dekorasinya berupa tanduk kerbau yang ditancapkan di bagian depan rumah adat.